Mengenal Perbedaan Batu Alam/Mulia

Posted: March 25, 2011 in Batu Mulia
Tags:

Sebelum anda membeli batu permata dari situs kami maupun ditempat lain, cermatilah istilah-istilah yang biasa digunakan oleh pedagang berikut ini :

Batu Alami / Natural

Istilah ini digunakan untuk bati permata yang 100% berasal dari alam dan tidak diproses maupun diberi obat apapun kecuali dipotong dan dipoles. Makin sempurna kualitas batu permata makin tinggi harga yang diberikan bahkan untuk permata jenis tertentu, harga batu permata kualitas sempurna hanya dapat dijangkau oleh kalangan ekonomi tertentu.

Batu-batu alami atau batu natural yang dapat diperoleh dengan jumlah banyak dari dalam perut bumi biasanya selalu dijual dalam bentuk alami seperti : Batu Kecubung, Onyx, batu-batu Kuarsa, Agate, dan lain-lain. Tetapi tetap saja banyak juga versi original, sintetis, simulasi dan imitasi dari batu-batu tersebut untuk kepentingan karya seni (kebutuhan desain perhiasan atau kerajinan tertentu) dan alternatif harga yang lebih murah.

Sebagian besar batu alam yang didapat dari perut bumi memiliki cacat fisik, bagi sebagian besar pencinta batu permata cacat fisik ini merupakan bagian dari keindahan. Sebagai contoh, batu kecubung yang memilki lubang alami yang tembus sampai kebagian belakang oleh para pencinta batu akik akan diharga sangat tinggi karena dianggap memiliki pamor lebih tinggi dan keunikan. Tetapi bagi kalangan umum dan desainer batu permata cacat fisik dapat mengganggu keindahan karya seni sebuah permata. Itulah sebabnya harga batu permata yang sempurna menjadi sangat tinggi karena dari sekian banyak batu yang diperoleh dipertambangan hanya sebagian kecil saja yang memiliki kualitas sempurna. Batu kecubung yang sangat banyak tersedia misalnya, jika memiliki warna yang ungu sempurna, dengan kekerasan kristal yang tinggi serta kemampuan meneruskan cahaya yang baik dapat dihargai sangat-sangat mahal melebih harga batu Ruby atau Zamrud.

Batu Asli / Original / Genuine

Istilah batu permata asli (original) digunakan untuk batuan dari alam yang oleh sebagian orang dianggap sebagai batu alami (natural) dan oleh sebagian orang lainnya dianggap bukan batu alami (natura) karena sudah mengalami proses perbaikan penampilan sehingga terlihat sebagai batu permata yang sempurna untuk menutupi atau menghilangkan cacat fisiknya.

Sebagian orang termasuk para ahli gemologist modern menganggap masih dalam kelompok batu alami karena 100% berasal dari alam dan diproses tanpa mencampur mineral apapun selain batu yang diwakilinya. Maksudnya disini adalah, untuk menghasilkan batu zamrud original kualitas tertentu, bahan yang digunakan adalah 100% batu zamrud kualitas dibawahnya tanpa dicampur mineral lain yang sejenis. Demikian pula untuk menghasilkan batu Ruby kualitas tertentu digunakan 100% bahan dari batu Ruby dengan kualitas dibawahnya.

Batu permata original memiliki kelas tersendiri yang nyaris sebanding dengan batu alami karena pada saat ini semua batu permata dalam kelompok original sangat sulit dibedakan dengan batu yang diwakilinya. Terutama karena kini sudah semakin sulit untuk mendapatkan batu alami jenis-jenis tertentu (Zamrud, Ruby, Firus, Safir, Kecubung) dengan kualitas sempurna

Harga batu original pun sangat beragam. Harga batu ini bisa jadi sangat tinggi mendekati harga sebuah batu alami yang sempurna tetapi bisa juga sangat murah. Secara kualitas batu original lebih baik dari batu alami tetapi semua batu original selalu dibawah harga batu alami karena faktor mistis dari batu-batu alami. Batu permata yang banyak dijual dalam bentuk original adalah : Berlian, Zamrud, Ruby, Safir, Jade, Mutiara dan Pirus. Sekalipun demikian banyak juga batu kecubung yang diproses dan dijual dalam kelompok batu permata original.

Batu Sintetis

Batu permata sintetis adalah batu permata yang dibuat di laboratorium khusus untuk memproduksi batu permata. Batu-batu seperti ini memiliki penampilan yang sama secara fisik, struktur kimia dan sifat optik layaknya batu permata alami yang diwakilinya.

Berbeda dengan batu permata original dengan batu sintetis adalah batu sintetis tidak harus menggunakan 100% bahan yang sama dengan batu permata yang diwakilinya. Batu-batu sintetis yang diproduksi dengan menggunakan bahan yang sama dengan batuan alami akan menyerupai bahkan mirip dan sulit dibedakan dengan batu permata alami sehingga batu sintetis kualitas ini disebut sebagai batu original.

Hampir semua batu sintetis saat ini memiliki kualitas sempurna. Tetapi perbedaan kualitas tidak selalu menjadi ukuran karena proses laboratorium bisa menghasilkan batu-batu indah generasi baru. Keuntungan bagi konsumen adalah harga batu sintetis relatif sama untuk setiap produk Sebagai gambaran batu sintetis Safir, Ruby, Zamrud, dll semua memiliki harga yang sama. Harga untuk batu sintetis ditentukan oleh berat dan ukuran baru yang dihasilkan.

Batu sintetis memiliki struktur kimia yang 100% sama dengan batu permata yang diwakilinya, memiliki sifat optik yang sama, dan penampilan fisik yang sama tetapi sekali lagi batu sintetis tidak harus menggunakan 100% bahan yang sama dengan batu permata yang diwakilinya. Itulah perbedaan utama antara batu sintetis dan batu original.

Batu Simulasi

Sama seperti batu sintetis, batu simulasi juga diproduksi di laboratorium. Tetapi, tidak seperti batu-batu sintetis yang menyerupai segala aspek dari batu alami, batuan kelompok ini hanya menyerupai batu alami yang diwakili dari sisi penampilan. Sifat optik, fisik dan struktur kimia batu simulasi berbeda dengan dari permata alami yang mereka wakili.

Berkat kemajuan teknologi, batu simulasi sekarang dapat diproduksi dengan hasil yang menakjubkan. Moissanite adalah generasi baru untuk berlian yang bisa menipu mata orang yang terlatih sekalipun. Batu simulasi yang sangat terkenal adalah CZ atau Cubic Zirkonia yang merupakan simulasi berlian dengan warna-warna yang menakjubkan. Kabarnya laboratorium berlian Rusia juga sudah berhasil meng klon berlian yang luar biasa.

Sama seperti batu sintetis, batu simulasi tidak membedakan harga batu permata berdasarkan jenisnya. Simulasi Ruby, Zamrud maupun Ruby akan memiliki harga yang hampir sama. Perbedaan harga disebabkan oleh ukuran, variant produk dan teknologi yang digunakan.

Jika anda pencinta batu CZ atau kristal swarovski, maka apa yang anda gunakan tersebut sebenarnya adalah batu simulasi. Tetapi mereka memiliki kelas tersendiri dan dipatentkan oleh produsennya. Batu-batu ini adalah batu simulasi kelas atas yang sangat laris dipasaran karena memiliki kualitas yang sangat baik dan keragaman warna yang tidak pernah ada pada batu alami.

Hampir 100% batu Cat Eye yang ada di pasar perhiasan adalah batu simulasi atau batu sintetis. American Star (batu yang bisa memberikan pantulan bintang 4 atau 5 jika kena cahaya) dikategorikan sebagai batu sintetis atau simulasi.

Batu Imitasi

Batu imitasi dibuat dari bahan-bahan lain seperti kaca, plastik dan bahan lainnya dengan cetakan menyerupai batu alam. Hasilnya adalah adalah tiruan yang tidak memiliki nilai komersial. Salah satu yang paling awal adalah imitasi menggunakan keramik untuk meniru batu pirus, yang berharga oleh orang Mesir.

Penutup

Sebuah batu permata dapat dengan mudah dibedakan jika batu tersebut imitasi karena bukan terbuat dari batu, Tetapi akan sulit membedakan antara batu original dan sintetis. Bagi orang awam cara paling mudah untuk membedakannya dengan cara menilai melalui harga. Adalah hal yang sangat mustahil seorang pedagang menjual batu permata kelas atas (Ruby, Zamrud, Berlian, Pirus, Safir) berkualitas baik dengan harga rendah.Jika anda menjumpai sebuah batu permata dengan warna yang sangat bagus, nyaris tanpa cacat fisik (ada noda, ada goresan dalam, retak dalam, berkabut didalam, dll) dengan ukuran yang cukup besar (diatas 5 mm) dan ditawarkan dengan harga rendah anda patut mencurigainya.

Jika anda ditawarkan sebuah batu permata yang sangat bagus dengan harga yang menurut anda pantas tapi anda ragu akan keasliannya, jangan ragu untuk meminta bantuan orang yang ahli mengenai batu permata untuk menilainya. Pedagang emas dan perak bukanlah orang yang pasti mengerti tentang batu permata kecuali berlian (karena ada alat untuk mengetest kadar dan keaslian berlian). Biasanya mereka hanya mengerti sedikit tentang batu permata sebatas untuk perhiasan yang mereka jual.

Beberapa orang mungkin punya cara yang unik untuk menguji batu permata, tetapi cara-cara tersebut lebih mengarah pada metode pengujian fisik gaib dan bukan ilmiah. Misalnya dengan meneteskan air, mencelupkan kedalam air, dan lain-lain. Cara tersebut bukanlah sesuatu yang akurat dan dapat diterima secara ilmiah.

Biasakanlah melihat-lihat batu permata, kelak mata anda akan dapat membedakan dengan mudah antara batu natural, original, simulasi dan imitasi. Sekalipun untuk batu-batu tertentu anda butuh alat untuk mengujinya.

Comments
  1. luluk makhilah says:

    trima kasih ini notes yang sangat bagus, saya baru usaha di batuan kalimantan di kaltim dan merasa mendapatkan penjelasan ilmiah di notes anda ini…. slama ini yang beredar di pasaran umum, martapura yang saya tahu hanya batu kualitas standar dan asli (berdasarkan berat batuan per gram) padahal semua itu sama2 sintetis dan imitasi…. tapi saya kenal istilah batu musti…apakah itu singkatan mustika,karena kemungkinan adalah batu alam dan punya daya magis,kebetulan relasi toko saya pernah menunjukan batu mustinya kepada saya…..

  2. rahmat hidayat says:

    american star itu asli atau palsu?

  3. budhy setya says:

    budhy; tapi sebetulnya adakah batu mulia cat eye/cat tiger yg alami dan bukan sintetic..krn disebutkan di artikel anda hampir 100% kedua jenis batu tersebut yg ada dipasaran adalah sintetic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s